Laptop ASUS X555QA, “Kekinian dan Bersahabat”

Processed with VSCO with a6 preset

Sebagai seorang mahasiswa yang hidup di era serba digital, laptop sudah menjadi kebutuhan bagiku. Kegiatan sehari-hariku sering kali tidak lepas dari gadget dan laptop, baik itu untuk kebutuhan akademik, seperti mengerjakan tugas, browsing materi, presentasi; hingga untuk sekadar refreshing, seperti nonton film, bermain sosial media, nonton Youtube, dan nge-blog.

Banyak kegiatanku yang sangat terbantu berkat keberadaan laptop. Namun sekarang laptop yang kumiliki sudah mulai ketinggalan zaman. Karena faktor usia juga, laptopku yang sekarang tak jarang tiba-tiba bermasalah, seperti nge-hang, not responding, dan sebagainya. Padahal, jelas, saat ini aku selalu menginginkan sesuatu yang serba cepat dan membutuhkan partner yang bisa multi-tasking. Laptop lamaku sudah tidak bisa menjalankan tugasnya secara maksimal, maka aku berniat untuk meng-upgrade laptop ini.

Aku membutuhkan laptop yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari sebagai seorang mahasiswa. Cukup dua kriteria: kekinian dan bersahabat. Maksudnya, fiturnya modern namun dengan harga yang bersahabat. Pas banget, akhir tahun 2017 lalu, ASUS baru saja me-launching produk barunya, yaitu empat jenis laptop AMD. Salah satu yang eye catching dan heart catching buatku adalah laptop ASUS X555QA, notebook sehari-haro yang tepat untuk bekerja dan hiburan. Dan pastinya, laptop ini sangat sesuai dengan dua kriteria di atas.

Seperti jatuh cinta pada pandangan pertama, aku pun menindaklanjuti ketertarikanku dengan stalking atau mencari informasi lebih detail dari laptop ini. Hasil stalking ku pun membuat aku semakin ingin memiliki laptop ini.

P_setting_fff_1_90_end_500.png

Sumber: http://www.asus.com

Pertama, dari segi fisik atau tampilan. Dari desainnya sendiri, laptop ini tampil elegan dengan material plastik finishing yang membuatnya super good looking. Sangat sesuai dengan konsep kekinian yang aku bayangkan. Ditambah lagi dengan aksen metal brush yang ada di setiap bagian laptop ini, menambah kesan mewah dan modern. ASUS X555QA memiliki layar berukuran 15,6 inci, cukup besar sehingga cocok untuk aku yang suka nonton film di laptop dan Youtube-an. Bisa aku bayangkan, gambarnya akan semakin jelas dan nonton pun semakin puas.

Turun ke bagian keyboard, laptop ini juga dilengkapi dengan tombol numpad di sebelah kanan keyboard. Kenyamanan saat mengetik pun ditunjang dengan adanya ruang yang cukup untuk menampung tangan serta trackpad yang nyaman. Dengan demikian, aku bisa mengetik tugas kuliah dan tulisan di blog dengan nyaman pula.

Meskipun laptop ini terbilang cukup besar karena dilengkapi dengan optical disc drive, namun ASUS sukses meringkas beban pada laptop ini sehingga beratnya hanya 2,3 kilogram. Ini pas banget untuk dibawa bepergian. Cocok untuk aku yang mempunyai mobilitas cukup tinggi.

Selesai mengagumi tampilannya, saatnya melihat ke sisi yang lebih dalam, yaitu fitur dan performa. Laptop ASUS X555QA ini selain ditunjang dengan layar yang lebar, juga dengan resolusi layar 1366 x 768 sehingga tulisan dan gambar nyaman dilihat dan kualitas warnanya cerah dan jelas.

Selain itu, laptop ini juga memiliki port yang lengkap. Port terdiri atas penyambung LAN, satu port USB 2.0, dua port USB 3.0, HDMI, UGA, lubang untuk card reader, dan optical disk drive. Port yang lengkap ini sangat membantu kegiatan perkuliahanku karena memungkinkan untuk membuka beberapa file dari berbagai macam sumber, presentasi, menyambungkan dengan koneksi internet, dan sebagainya. Keinginanku untuk bekerja multi-tasking akan sangat terbantu dengan laptop ini.

Fitur laptop ini semakin lengkap demham dengan adanya Bluetooth 4.0 yang mendukung segala aktivitas berbagi data dengan lebih cepat tentunya. Tak hanya tampilan yang perlu kekinian, fitur pun perlu. ASUS X555QA menjawabnya dengan fitur Wi-Fi integrated 802.11 AC dan 902.11 b/g/n. Satu lagi kemampuan laptop ini yang semakin membuatku betah internetan dengan laptop ini nantinya, yaitu kemampuan audio Sonic Master yang akan menghasilkan kualitas suara yang jernih.

Permasalahan yang paling sering kuhadapi bersama laptop lamaku adalah seringnya hang dan lemot ketika digunakan untuk bekerja multi-tasking. Nah, pas banget. Laptop ASUS X555QA memiliki RAM sebesar 4GB yang pastinya memungkinkan untuk mengolah informasi lebih cepat dan anti lemot-lemot club. Memorinya pun bisa diupgrade hingga 8GB. Sangat bisa dikatakan mumpuni untuk laptop dengan harga merakyat seperti ini.

Meskipun memiliki banyak fitur-fitur keren nan menggiurkan di atas, rupanya untuk mendapatkan laptop ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Di pasaran, laptop ini dibanderol dengan harga Rp6.099.000. Sebuah penawaran yang ideal untuk laptop kekinian yang satu ini. Meskipun newbie, namun menurutku laptop ini cukup bisa diandalkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Aku pun semakin ingin memiliki laptop ini, demi kenyamanan saat mengerjakan tugas, demi menghindari not responding saat internetan, demi kinerja yang lebih cepat dan hasil yang lebih baik, demi upayaku untuk meraih gelar sarjana.

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD – Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s